Satu Minggu di Jepara

Setelah berhari-hari berkutat dengan UTS dan tugas tapak, pada hari Minggu sore pukul 17.00, kami kelompok studio 3 berangkat ke jepara bersama anggota kelompok lainnya diiringi guyuran air hujan. Setelah melewati hujan badai, akhirnya pukul 20.00, kami kelompok 3 tiba di Desa Tahunan dan langsung menuju ke penginapan yang merupakan rumah warga sekitar (yang sepertinya sudah lama tidak dihuni). Kami merasa ketakutan ketika pertama kali bermalam di rumah ini, rumah yang cukup luas dengan 3 kamar ini yang kami pakai hanya 2 kamar saja. Anak anak cewek yang berjumlah 9 orang lebih memilih berada dalam 1 kamar yang berukuran 3×6 meter karena kami merasa ketakutan. Hehehehe. Sedangkan anak-anak cowok yang berjumlah 4 orang berada dalam 1 kamar dan juga menggunakan ruang tengah untuk mereka tidur.  Dibelakang rumah kita, terdapat tempat pengolahan mebel sehingga kita langsung dapat melihat seperti apa proses pengolahan mebel itu.

MALAM PERTAMA BERLALU DENGAN DIIRINGI RASA LELAH YANG TERAMAT SANGAT, sehingga tidak merasakan “aroma mencurigakan” di rumah ini. Hehehehe

SENIN 25 APRIL 2011,

Pagi hari kami berebut untuk mandi, sebab kamar mandinya hanya satu sedangkan kami berjumlah 13 orang. Sehinnga untuk mandi saja harus diberi waktu. Dengan waktu yang mepet karena ingin segera survey, kami pun buru buru mandi dan sarapan. Sarapan pagi disediakan oleh ibu pemilik rumah.

Hari pertama, dijadwalkan untuk pergi ke instansi. Shindy dan Cika ke Disperindag. Sedangkan Putry dan Elsa ke Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup. 9 orang lainnya melakukan observasi lapangan. Shindy dan Cika ke Disperindag untuk berwawancara ke pegawai Disperindag tersebut, menanyakan seperti apa industri mebel di desa Tahunan, mereka ke Disperindag bersama anak kelompok lain yaitu Dian dan Arif. Sesudah mendapatkan data, maka data yang kami  dapatkan di kumpulkan di rumah ipul. Karena terjebak hujan deras, maka dengan terpaksa menunggu hingga hujan reda di rumah ipul. Sedangkan Putry dan Elsa langsung menuju ke penginapan sesudah ke Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup.

Menjelang sore, kami kelompok 3 makan bersama di KFC. Sesudah makan, kami melakukan sharing data dengan kelompok lain agar data yang kita cari dapat terpenuhi, sharing data kami lakukan di rumah ipul. Setelah kami merasa data sudah terpenuhi, kami bergegas pulang ke penginapan dan ISOMA.

Sesudah ISOMA, dan kami makan nasi goreng bersama, kami melakukan evaluasi pertama terhadap survey yang telah kami lakukan. Kami juga melakukan persiapan untuk survey hari selasa. Breifing berakhir sekitar pukul 23.00, dan kami bergegas tidur mengembalikan tenaga kami, hehehehe

SELASA, 26 APRIL 2011,

Seperti biasa kegiatan kami pagi-pagi, mengantri untuk mandi. Setelah itu, sarapan dan breafing untuk melakukan pengumpulan data kuesioner. Pada hari ini kami mempunyai kewajiban masing-masing untuk mengumpulkan data, yang dilakukan dengan cara kuesioner ke pedagang mebel, pembeli mebel dan masyarakat sekitar. Jumlah kuesioner yang kami sebar untuk pedagang mebel berjumlah 25 lembar, untuk pembeli mebel berjumlah 25 lembar dan untuk masyarakat sekitar berjumlah 67 lembar. Penghitungan kuesioner ini berdasarkan pada perhitungan rumus. Dan menggunakan non-random sampling. Sehingga, kami memilih responden yang menurut kami bisa mewakili semuanya.

Sistem untuk melakukan pengumpulan data kuesioner ini dibagi menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama terdiri dari Yudi, Sindi dan Nia, kelompok ini menuju daerah amatan yang berlokasi di sekitar penginapan (perbatasan antara desa tahunan dan desa senenan). Kelompok ini membawa kuesioner pedagang berjumlah 8 lembar, pembeli mebel berjumlah 7 lembar dan masyarkat berjumlah 22 lembar. Untuk kelompok kedua terdiri dari Ipul, Irni, Tunjung dan Echa. Kelompok kedua ini daerah amatannya berlokasi pada belakang pasar swayalan saudara sampe belakang kantor balai desa. Kelompok ini membawa kuesioner pedagang berjumlah 9 lembar, pembeli mebel berjumlah 8 lembar dan masyarkat berjumlah 22 lembar. Sedangkan untuk kelompok ke tiga yang terdiri dari Egi, Chika dan Susan. Kelompok tiga ini daerah amatannya berada di belakang kantor kecamatan tahunan. Kelompok ini membawa kuesioner pedagang berjumlah 8 lembar, pembeli mebel berjumlah 7 lembar dan masyarkat berjumlah 23 lembar. Kami memulai pengumpulan data kuesioner ini pada jam 09.00 sampe jam 13.00. Dalam pengumpulan data kuesioner ini kami memiliki beberapa kendala yaitu ada beberapa responden yang menolak untuk  mengisi kuesioner ini, karena responden tersebut mengira kami meminta sumbangan -.-. Namun tidak sedikit juga yang memperlakukan kami dengan baik dan ramah.

Setelah selesei menyelesaikan tugasnya masing-masing, maka kami pun berkumpul di penginapan untuk makan siang bersama. Setelah makan siang bersama, kami berencana berwisata ke Teluk Awur untuk menghilangkan penat setelah melakukan survey primer. Setelah puas bersantai-santai di Teluk Awur, kami pun pulang dan ISOMA. Kemudian, kita melakukan evaluasi data.

RABU, 27 APRIL 2011

Seperti hari sebelumnya kegiatan pagi diawali dengan mandi pagy sarapan serta briefing..

Setelah persiapan selesai saatnya kelompok untuk kembali melakukan survey lapangan. Dimana pada hari rabu itu agenda survey lapangan kita adalah wawancara. Kembali tim dipecah menjadi 3 seperti hari selasa. Dimana masing – masing tim memiliki tanggungan wawancara yang sama yaitu tiap tim dibekali form wawancara pengusaha, pedagang, dan juga pelaku industri tapi perbedaannya adalah pada wilayah kerja tim yang pembagian lokasi tetap sama dengan hari selasa. Kurang lebih pukul 12 tim sudah kembali ke penginapan karena sudah selesai menunaikan tugas wawancara pada masing2 stakeholder yang telah ditentukan. Break sejenak selama 1 jam untuk isoma, kegiatan berlanjut pada pukul 1 siang. Beberapa anak ditugaskan untuk ke asmindo, ada yang SMK 8 Jepara (mencari buku sejarah ukir), dan ada yang harus ke perpustakaan daerah jepara untuk mencari data berkaitan sepuran ukir serta asal usul desa Tahunan. berikut pembagian kerjanya :

–          Asmindo : Yuyun, Yudi, Chika, Shindy, Nia.

–          SMK 8 Jepara : Riyan, Egy,

–          Perpustakaan Daerah : Tunjung, Irni, Echa, Rizky

(Sisanya berada di penginapan karena ada anggota yang kurang enak badan)

Pukul 3 sore seluruh tim sudah kembali ke penginapan untuk mengumpulkan data yang didapatkan siang itu. Namun sayangnya untuk Asmindo belum bisa melakukan wawancara dikarenakan untuk melakukan wawancara maka harus ada janji dan proposal terlebih dahulu. Begitu juga untuk yang d SMK 8, hal ini disebabkan jam kerja perpustakaan yang sudah tutup. Sore di penginapan dilanjutkan dengan istirahat dilanjutkan dengan jalan – jalan sore mengitari kota Jepara. Seusai magrib beberapa dari kelompok yaitu Yudi, Ryan, Tunjung, Irni, Rizki, dan Egy kembali melakukan wawancara dengan bapak RT selaku pengusaha mebel yang telah sukses. Sedangkan yang lainya kembali ke penginapan untuk melakukan evaluasi dan pengolahan data dilanjutkan briefing hingga pukul 23.00.

KAMIS, 28 APRIL 2011

Mandi Pagi, Sarapan : Done..

Kegiatan selanjutnya dimulai pukul 08.30 dengan pembagian sebagai berikut :

–          Balai Desa (wawancara lurah dan tetua desa mengenai asal usul desa Tahunan) : Yudi dan Tunjung

–          Dinas Perdagangan (mencari data perdagangan mebel) : Risky dan Irni

–          Observasi fasilitas, sarana, dan prasarana di Desa Tahunan : Yuyun, Chika, Echa, Susan, Feny.

–          Rumah Bapak RT (observasi, melihat proses pengolahan finishing mebel) : Eggy,Nia

–          Perpustakaan SMK 8 Jepara : Shindy dan Ryan

Siang jam 11-12 tiap tim telah kembali ke penginapan, dilanjutkan dengan mengurus proposal untuk asosiasi Asmindo. Pukul 1 siang, eggy, ryan, yuyun, shindy, fenny dan nia berangkat ke asmindo yang lokasinya di kecamatan Pecangaan untuk menyerahkan proposal dan melakukan wawancara, namun hasilnya proposal diterima dan wawancara baru dapat dilaksanakan pada hari jumat pukul 9 pagy. Tim tidak putus asa, di lokasi yang sama terdapat pula asosiasi mebel yang lain dimana untuk melakukan wawancar prosesnya lebih simpel maka tim memanfaatkan untuk wawancara bersama asosiasi tersebut. Sedangkan anggota kelompok yang lain berada di penginapan untuk mulai mengolah data dan mengerjakan proposal teknis. Pukul 4 sore tim yang dari asmindo kembali ke penginapan, kemudian ikut melakukan pengolahan data.

Setelah isya kami keluar penginapan bersama-sama untuk makan malam di Shopping Center Jepara dimana dijadwalkan memang semua kelompok bertemu di tempat tersebut untuk sekedar berkumpul. Pukul 9 kami kembali ke penginapan, melanjutkan evalusi serta briefing kemudian istirahat.

JUMAT, 29 APRIL 2011

Kami menyelesaikan hal-hal yang kurang, seperti wawancara ke Asmindo. Kali ini tim yang melakukan wawancara ke asmindo adalah : Yudi, Rian, Yuyun, dan Tunjung. Sedangkan tim yang lain ada yang harus pulang terlebih dahulu karena harus membawa barang-barang semua anggota kelompok. Sedangkan yang lainya membersihkan penginapan, mengumpulkan data jangan sampai ada data hardcopy yang tertinggal di penginapan.

Pukul 11 siang, semua kembali ke penginapan karena asmindo wawancara juga telah terlaksanakan. Asmindo beres, penginapan beres, acara selanjutnya menunggu anak laki-laki melakukan ibadah jumat , anak perempuan memutuskan untuk pergi ke pantai Kartini untuk mencarai oleh2(hhehe..). Pukul 1 siang semua telah berkumpul kembali dan berpamitan kepada ibu pemilik rumah, bapak RT, serta bapak lurah. Sekitar pukul setegah 2 kami meninggalkan Desa Tahunan untuk pulang ke Semarang tetapi sebelumnya ke Sentra Industri Troso dan Sentra Industri monel terlebih dahulu. Kurang lebih pukul 8 malam kami sampai di Semarang..