Perekonomian


PEREKONOMIAN


Masyarakat Jepara kreatif mencari keunggulan kompetitif atas hasil karya mereka dalam mengembangkan perekonomian. Sektor yang paling banyak digeluti adalah industri pengolahan. Ketekunan masyarakat dalam mengembangkan produk akhir di sektor ini, menjadikan produk mereka memiliki keunggulan kualitas dibanding daerah lain. Indikasinya adalah tingkat penerimaan pasar internasional terhadap produk industri pengolahan dari Jepara.

Dimotori industri furniture (mebel dan ukir), berbagai produk industri Jepara saat ini tercatat telah menembus pasar ekspor di seratus lebih negara di dunia. Di luar industri kayu, Kabupaten Jepara setidaknya memiliki 10 jenis industri lain yang menjadikan industri pengolahan mampu menjadi penopang ekonomi masyarakat. Hampir seluruh industri ini berskala Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Tingginya kontribusi sektor pengolahan terhadap pengembangan perekonomian daerah dapat dilihat dari besarnya kontribusi sektor ini terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada akhir tahun 2008 kontribusi sektor industri pengolahan terhadap PDRB tetap yang terbesar, yakni 27 persen (atas dasar harga berlaku). Berikutnya baru sektor pertanian (21,87 persen), sektor perdagangan, hotel, dan restoran (20,94 persen), sektor jasa-jasa (10 persen), dan sektor-sektor lain.

Indikasi lainnya adalah jumlah unit usaha yang sedemikian besar, serta ketersediaan lapangan kerja yang terlihat dari besarnya serapan tenaga kerja ke sektor tersebut. Tak dapat dimungkiri, sektor industri pengolahan telah menjadi sandaran utama bagi hajat hidup warga Jepara yang saat ini berjumlah 1.090.000 jiwa.

Berikut beberapa jenis industri yang berkembang di Jepara, sampai dengan akhir tahun 2008 yaitu antara lain :

  • Furniture dan Ukir Kayu (Industri ini merupakan ikon kota Jepara, yang kemudian menghadirkan jatidiri “Jepara Kota Ukir”)
  • Kerajinan Kayu
  • Kerajinan Rotan
  • Tenun Troso
  • Kerajinan Monel
  • Kerajinan Gerabah
  • Kerajinan Genteng
  • Rokok Kretek
  • Industri Lain (industri makanan dan konveksi)

Keragaman produk industri yang ada di Jepara menjadikan sektor industri pengolahan mampu menopang ekonomi masyarakat. Indikasi ini tak hanya terekam dari sumbangan sektor industri pengolahan pada PDRB Jepara. Dinas Industri dan Perdagangan Kabupaten Jepara pada akhir tahun 2008 mencatat data ekspor yang cukup tinggi, dari keseluruhan produk tersebut.

Dari daerah di ujung utara pulau Jawa, tercatat 259 perusahaan yang memiliki pasar di luar negeri. Dari jumlah tersebut, mayoritas eksporter adalah perusahaan furniture yang memang telah lama menjadi motor. Mereka mampu menjamah pasar di 111 negara di berbagai belahan dunia. Dengan volume yang mencapai 42.286.091,96 kg, nilai ekspor yang dihasilkan dari keseluruhan produk industri pengolahan Jepara pada tahun 2008 mencapai US $ 109,886 juta, atau mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya US $ 104 juta.

Kenaikan ini mengindikasikan kebangkitan kembali industri pengolahan Jepara yang sempat terhimpit persaingan global karena lemahnya daya saing dengan harga  produk sejenis dari negara-negara lain.

Dari sisi  pertumbuhan ekonomi, sektor ini tentu saja sangat berpengaruh dalam memastikan ekonomi terus tumbuh dan berkembang. Dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi di Jepara stabil di atas kisaran empat persen. Pertumbuhan tersebut  adalah 4 % pada tahun 2004, lalu 4,23 % (2005), dan 4,19 % pada tahun 2006.

Sedangkan pada tahun 2007 dan 2008 pertumbuhan tersebut mencapai 4,74 persen dan 4,49 persen. Angka ini diperolah dari catatan BPS yang dipublikasikan secara resmi pada bulan Agustus 2009.

Sumber : http://www.jeparakab.go.id/index.php?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 17,298 hits
%d bloggers like this: